Jumat, 14 Juni 2013

tugas filsafat IPA -> pengertian fakta, konsep, prinsip, hukum, dan teori.

PENGERTIAN FAKTA, KONSEP, PRINSIP, HUKUM, DAN TEORI 



FAKTA

Fakta adalah semua pengetahuan yang telah diketahui manusia, tetapi belum terorganisir secara sistematis(Rustaman, 2005)

Fakta adalah sesuatu yang dapat diamati secara langsung dan dapat didemostrasikan kapan saja (Aswasulasikin, 2008)

Fakta merupakan deskripsi akurat tentang apa yang teramati dengan panca indra, atau pernyataan objektif yang dapat dikonfirmasikan kebenarannya (empirik) tentang sesuatu yang benar-benar ada atau peristiwa yang benar-benar terjadi.
(Moeslim, 2011)


KONSEP


Konsep adalah suatu abstraksi yang menggambarkan ciri-ciri, karakter atau atribut yang sama dari 
sekelompok objek atau dari suatu fakta, baik yang berupa proses, peristiwa, benda, atau fenomena di alam yang membedakannya dari kelompok lainnya.
(Rustaman, 2005)

Konsep adalah gambaran ciri-ciri, yang dengan ciri-ciri itu objek-objek dapat dibedakan
(Widyaningtiyas, 2008)


PRINSIP

Prinsip adalah rumusan atau generalisasi hubungan fakta dengan konsep. Prinsip lebih bersifat analitik, bukan sekedar empirik.
(Moeslim, 2011)

Prinsip adalah pernyataan yang berlaku secara umum bagi kelompok gejala-gejala tertentu yang mampu menjelaskan suatu kejadian.
(Suriasumantri, 2001)


HUKUM

Hukum adalah pernyataan yang menyatakan hubungan antara dua variabel atau lebih dalam suatu kaitan sebab akibat.
(Suriasumantri, 2001)

Hukum adalah prinsip-prinsip khusus yang diterima secara meluas setelah melalui pengujian berulang. Dengan kata lain hukum merupakan prinsip yang bersifat spesifik.

(Moeslim, 2011)


TEORI

Teori merupakan pengetahuan ilmiah tentang penjelasan mengenai suatu faktor tertentu dari sebuah disiplin ilmu.
(Suriasumantri, 2001)

Teori adalah  penjelasan umum atau model imaginatif tentang hubungan antara fakta, konsep, dan prinsip-prinsip. Teori berguna untuk memudahkan, memahami, memprediksi, atau mengendalikan fenomena alam.
(Moeslim, 2011)

Daftar Pustaka 

•Rustaman, A. 2006. Pengembangan Kompetensi   (Pengehahuan, Keterampilan, Sikap dan   Nilai) Melalui Kegiatan Praktikum Biologi.   BANDUNG: FMIPA UPI. Tidak diterbitkan
•Widyaningtiyas. Pembentukan Pengetahuan sains,   Teknologi dan Masyarakat dalam   Pandangan Pendidikan IPA. [online].   Tersedia di http://educare.e.net (diakses tanggal 24 feb 2013)  

,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,



1 komentar: